3 Jenis Sinar UV Ini Memiliki Pengaruh Besar Terhadap Kesehatan Kulit

Sinar UV cukup berpengaruh bagi kesehatan kulit dan wajah. Kulit dapat berubah menjadi kusam, berminyak hingga menyababkan keringat dan komedo pada wajah. Bahkan, lebih berbahaya lagi dapat menyebabkan timbulnya sel-sel kanker kulit.

Semua orang ingin memiliki kulit yang sehat, hanya saja tidak semua mengetahui bagaimana cara melindungi kulit supaya tetap sehat. Belum lagi ancaman sinar UV ini sulit dihindari. Lebih dari banyak yang belum mengetahui betul tentang sinar UV itu sendiri.

Sinar UV

Sinar UV

Sinar ultraviolet merupakan sinar yang berasal dari elektromagnetis dan salah satu bagian spectrum yang terpancar dari sinar matahari. Dari panjangnya gelombang dan energi yang muncul dari sinar ultraviolet tersebut maka ada tiga jenis ultravioley yakni,  UVA, UVB, dan UVC.

UVA memang memiliki energi yang relatif rendah, akan tetapi bisa menembus ke dalam lapisan kulit hingga lapisan jangat dan lemak. Akibat hal ini kulit bisa menjadi keriput dan menyebabkan penuaan dini.

UVB mempunyai energi yang relatif tinggi sehingga, memiliki dampak yang cukup besar terhadap lapisan kulit  atas atau lebih dikenal dengan lapisan kulit ari. Sinar yang dihasilkan oleh ultraviolet B sendiri bahkan, mampu membakar hingga merusak kulit  ari.

Sedangkan, untuk Sinar Ultraviolet C atau UVC yang mengenai kulit akan berakibat pada perubahan warna hingga terlihat kusam bahkan, warnanya berubah menjadi lebih kecoklatan. Itulah mengapa orang yang sering terpapar sinar matahari sering kali kulitnya terlihat menjadi lebih gelap.

Sinar Ultraviolet berpengaruh besar merusak jaringan kulit

Sinar ultraviolet memang dapat memberikan banyak pengaruh besar hingga, kerusakan jaringan elastin dan kolagen. Padahal kedua jaringan tersebut sangat penting pada kulit dermis untuk bertanggung jawab pada elastisitas dan kekuatan kulit. Terkadang ultraviolet juga  bisa menyebabkan kelainan pigmentasi yakni, melasma atau bercak pada kulit.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan pada waktu kita berjemur atau berenang agar tidak lupa menggunakan pelindung kulit supaya dapat terhindar akibat buruk dari sinar ultraviolet secara langsung.

Sebaiknya, ketika berenang dan berjemur kita memilih waktu pagi atau sore sebab kandungan ultraviolet di kala itu tidak terlalu kuat. Bahkan, dipagi hari di bawah jam 9 Anda masih bisa mendapatkan asupan vitamin D langsung dari matahari.

Sebisa mungkin, ketika kita keluar rumah untuk melakukan aktivitas yang padat jangan biarkan kulit kita terpapar langsung oleh sinar matahari. Jangan lupa poleskan pelindung kulit agar kulit tak terbakar dan berubah menjadi kusam. Sehingga, meski seharian di luar namun, Anda masih menjaga kulit Anda tetap sehat.

Jangan lupa untuk terus menjaga kesegaran kulit dengan mandi yang bersih setiap kali setelah melakukan aktivitas yang padat. Berikan asupan gizi untuk kulit dengan makan buah dan sayur yang mengandung kolagen tinggi. Makanan yang mengandung kolagen tinggi akan sangat baik menjaga agar kulit tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini akibat sinar UV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *