Bangun Rumah? Ayo, Pilih Semen Terbaik Untuk Proyek Anda!

Membangun Rumah Harga Semen

Dengan begitu banyaknya pilihan material bangunan yang dijual di pasaran modern ini, mungkin beberapa dari Anda akan bingung untuk memilih satu material terbaik untuk pembangunan rumah impian Anda. Akan timbul di benak Anda sebuah pertanyaan, “yang mana ya, yang harus saya pilih?”

Untuk menemukan jawabannya, Anda perlu mengetahui banyak aspek dan mempertimbangkan setiap aspek dari masing-masing material untuk nantinya Anda dapat dengan yakin mengeliminasi beberapa pilihan lain dan menjatuhkan hati pada satu jenis material. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu beberapa hal yang datangnya dari diri Anda pula, seperti apa yang Anda harapkan dari sebuah material, seberapa besar kapasitas Anda membeli, dan bagaimana kira-kira kesesuaian material tersebut dengan desain rumah yang Anda pilih.

Tak terkecuali material semen yang peranannya sangat besar dalam proses konstruksi bangunan rumah Anda. Tanpa adanya semen, rumah tidak akan dapat dibangun. Semen lah yang bertugas untuk menjaga konstruksi bangunan tetap kuat dan tahan dalam cuaca apapun.

Namun sebenarnya hal apa saja sih yang harus Anda lakukan untuk dapat memilih material semen terbaik?

  1. Harga semen

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum memilih bahan bangunan untuk proyek pembangunan rumah Anda adalah biaya. Namun ternyata urusan biaya ini ternyata sangat relatif. Semakin murah material bangunan yang Anda beli, semakin pendek juga masa manfaat penggunaan material tersebut.

Memang kalau sudah berbicara tentang masalah biaya, rasanya seperti makan buah simalakama. Pilih yang murah, nantinya akan cepat mengalami kerusakan, namun kalau pilih yang mahal, bujet saat ini tidak mencukupi.

Langkah paling bijaksana yang dapat Anda lakukan ketika akan memilih material semen terbaik adalah memilih semen terbaik untuk kisaran bujet yang Anda miliki. Jangan membeli semen dengan harga terlalu tinggi karena nantinya Anda harus mengorbankan alokasi biaya untuk pembangunan bagian-bagian lain yang juga tidak kalah pentingnya. Untuk itu, Anda sangat perlu mengetahui harga semen yang dijual di pasaran dengan selengkap-lengkapnya.

  1. Pembungkus semen

Setelah Anda mengetahui semen dengan jenis dan mere kapa yang Anda rasa terbaik untuk kebutuhan Anda, kemudian Anda akan segera bergegas ke toko matrial, bukan? Nah, ketika akan membeli semen di toko bangunan, perhatikan dengan seksama elemen pembungkus semen. Kantong semen harus tertutup secara sempurna. Kualitas material yang berperan sebagai perekat bahan bangunan ini akan terjaga apabila kemasannya juga terjaga. Kemasan yang terjaga berarti tertutup rapat, tidak terkena air, dan juga tidak ada bekas tambalan. Sebelum membeli, pastikan juga Anda mengecek kertas pembungkus semen masih tersegel secara rapat atau tidak.

  1. Tekstur semen

Setelah memeriksa pembungkus semen, kini saatnya Anda memeriksa tekstur semen tersebut. Jika Anda membeli semen dalam sak, Anda bisa coba mengecek tekstur semen di dalamnya dengan menekan-nekan isi semen dari luar. Jika semen tersebut terasa keras ketika ditekan, tandanya semen tersebut telah disimpan terlalu lama, dan bisa jadi beberapa serbuk semen telah menjadi gumpalan. Namun jika Anda membeli semen secara eceran, Anda bisa lebih mudah melakukan pengecekan tekstur ini. Caranya adalah dengan memegang semen yang Anda beli. Semen yang bagus tidak mengandung gumpalan-gumpalan dan mudah terurai antara satu dengan yang lainnya.

Apabila diperhatikan, struktur semen yang baik akan terasa mirip seperti debu, Hindari membeli semen yang sudah bergumpal dan terasa seperti pasir dan kerikil karena hal tersebut adalah indikasi akan adanya kerusakan dalam komponen semen.

  1. Mitos semen berwarna gelap berarti kualitas baik

Banyak orang yang percaya bahwa semakin gelap warna semen, berarti akan semakin kuat dan baik kualitasnya. Lupakan hal ini ketika akan membeli semen karena telah dipastikan bahwa tidak ada korelasi sama sekali antara warna dengan baik atau buruknya kualitas semen.

  1. Logo SNI

Ini juga merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan begitu saja, yakni ada atau tidaknya logo SNI pada semen yang Anda akan beli. Mungkin hal ini dirasa sangat sepele, namun dengan diberikannya logo SNI pada sebuah merek semen, berarti semen tersebut telah dinyatakan lulus sertifikasi pemerintah, dana man untuk digunakan untuk membangun rumah Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *