Beberapa Cara Bayar Iuran BPJS yang Mudah dan Cepat

Kesehatan merupakan harta yang paling berharga bagi manusia. Semua bisa dirasakan dengan lebih gembira jika Anda dan keluarga dianugerahi tubuh dan pikiran yang sehat. Namun ada kalanya manusia justru menyepelekan masalah kesehatan dengan tidak adanya tabungan khusus untuk membiayai upaya perawatan jika diperlukan saat mengalami sakit. Menjadi sakit pastinya tak diinginkan akan tetapi antisipasinya sangat diperlukan agar bisa segera sehat kembali dan menjalani aktifitas seperti biasa. Karenanya, ketersediaan biaya khusus untuk kesehatan sangatlah diperlukan. Kini pemerintah dengan aktif mensosialisasikan program jaminan kesehatan BPJS. Sistem yang digunakan adalah iuran tiap bulan dan tidak bisa diambil kecuali digunakan untuk berobat sesuai dengan prosedur yang berlaku. Cara bayar iuran BPJS juga sangat mudah sehingga siapa saja bisa mengikuti program ini untuk upaya meningkatkan kesehatan.

Cara Bayar Tagihan BPJS

Untuk mengikuti jaminan sosial BPJS, Anda diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya dengan besaran sesuai dengan kelas yang dipilih. Ada 3 kelas yang ditawarkan oleh BPJS dimana ketiganya memiliki pelayanan yang sama untuk rawat jalan dan obat namun untuk rawat inap akan diberikan ruangan sesuai dengan kelas yang dipilih. Berikut ini adalah besaran iuran yang harus dibayarkan setiap bulan oleh anggota BPJS kesehatan:

  • Kelas 1 Rp. 80.000 tiap bulan.
  • Kelas 2 Rp. 45.000 tiap bulan.
  • Kelas 3 Rp. 25.500 tiap bulan.

Iuran tersebut adalah iuran untuk satu orang anggota sedangkan BPJS merupakan jaminan kesehatan untuk keluarga sehingga Anda perlu mendaftarkan semua anggota keluarga untuk ikut dalam jaminan kesehatan BPJS.

Cara pendaftarannya adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS di kota Anda. akan tetapi untuk cara bayar iuran BPJS Anda tak perlu harus kesana lagi setiap bulan. Ada cara-cara yang lebih mudah untuk melakukan pembayaran lebih cepat dan mudah yaitu:

  • Melalui transaksi perbankan.

Jika Anda memiliki rekening di bank yang sudah bekerjasama dengan BPJS maka Anda bisa menggunakan rekening bank tersebut untuk pembayaran setiap bulannya. Di ATM juga sudah tersedia menu khusus untuk melakukan pembayaran langsung dan online ke rekening virtual BPJS Anda.

  • Kantor pos.

Selain transaksi perbankan, bagi Anda yang tidak memiliki rekening bank bisa membayarkan iuran melalui kantor pos setiap bulannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membawa kartu anggota BPJS dan uang pembayaran untuk iuran semua anggota keluarga yang masih berada dalam 1 kartu keluarga. Anda akan menerima struk transaksi yang berfungsi sebagai bukti pembayaran. Di kantor pos ini juga bisa digunakan bagi Anda yang mengalami keterlambatan pembayaran untuk mengaktifkan kembali nomor BPJS yang diblokir.

  • Mini market.

Dengan semakin banyaknya anggota BPJS yang ada, pemerintah sudah bekerja sama dengan beberapa gerai mini market untuk menjangkau semua lapisan masyarakat agar lebih mudah dalam melakukan pembayaran. Akan tetapi untuk pembayaran melalui mini market dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.500 per transaksi.

Itulah cara-cara bayar iuran BPJS yang mudah dan cepat bagi Anda anggota BPJS Kesehatan. Selain cara di atas, jika Anda sering menggunakan smartphone untuk berbelanja di situs jual beli online, ada juga situs online yang sudah bisa dipakai untuk melakukan pembayaran BPJS. Pilih menu pembayaran BPJS kesehatan dan masukkan nomor virtual Anda untuk melihat tagihan. Setelah itu lakukan pembayaran dengan membayar melalui ATM atau menggunakan saldo di situs belanja tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *