Daftar Mata Uang Negara Terpopuler 2017

Mata Uang Terpopuler Dunia 2017

Mata uang negara manakah yang paling populer dan paling banyak digunakan sekarang. Setiap negara memiliki mata uang dan nilai berbeda. Hal ini ditentukan oleh tempat dan sejarah negara tersebut.

Anda tentu tahu, mata uang Indonesia adalah rupiah. Pada masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah namun menggunakan mata uang resmi yang dikenal sebagai ORI.

Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru.

Setiap negara tentu memiliki mata uang masing-masing yang dipakai untuk bertransaksi di dalam negeri maupun dengan negara lain.

Berikut adalah mata uang paling populer dikutip dari Forex Market (Jumat, 14/7/2017):

1. Dolar Amerika Serikat (AS)

Dolar AS sangat terkenal di seluruh dunia. Mata uang ini memang paling banyak dan paling mudah diperjualbelikan.

Hampir 85 persen dari total transaksi di pasar valuta asing dilakukan dalam mata uang ini. Tak heran, dolar AS dikenal sebagai mata uang dunia. Apalagi, Amerika Serikat memiliki perekonomian yang sangat kuat. Tingginya nilai tukar dolar AS, salah satunya memang karena perekonomian negara ini.

2. Euro
Mata uang euro bisa dikatakan sebagai mata uang baru di dunia. euro baru resmi menjadi mata uang Eropa sejak tahun 1999. Namun, Euro sudah berhasil berada di posisi kedua sebagai mata uang populer di dunia, karena paling banyak diperdagangkan.

Hal ini mungkin dikarenakan daya tarik wisata di Eropa sehingga membuat banyak orag berniat untuk ke sana dan membeli mata uang tersebut.

3. Yen Jepang

Jepang merupakan negara termaju di kasawan Asia. Tak heran, Yen menjadi mata uang yang paling banyak diperdagangkan dan digunakan karena perdagangan dunia sebagian besar berada di Asia.

4. Pound Sterling

Inggris memilih pound sterling sebagai mata uang resmi yang berlaku untuk alat pembayaran di negaranya. Selain itu mata uang bersimbol £ ini juga pernah menjadi mata uang internasional sebelum posisinya digantikan oleh dolar AS.

Pound sterling merupakan salah satu mata uang yang memiliki nilai tukar tertinggi di dunia. Para turis yang berkunjung ke negara ini, harus rela merogoh kocek mereka lebih dalam. Selama bertahun-tahun, pound didesain dengan gambar sang ratu sebagai latar belakangnya.

5. Franc Swiss

Franc Swiss, dikenal oleh banyak orang sebagai mata uang “netral”. Lebih tepatnya, Franc Swiss dianggap sebagai tempat yang aman di pasar, terutama karena mata uang ini cenderung bergerak dalam korelasi negatif dengan mata uang yang lebih fluktuatif seperti dolar Kanada dan Australia, bersamaan dengan hasil obligasi AS.

6. Dolar Kanada

Dolar Canada dikenal sebagai Loonie. Sebagai eksportir besar komoditas minyak, logam mulia dan mineral, pergerakan Loonie sangat dipengaruhi pergerakan harga komoditas tersebut.

Pedagang sering memperdagangkan dolar Kanada untuk berspekulasi mengenai pergerakan komoditas ini atau sebagai lindung nilai atas kepemilikan mereka atas kontrak yang mendasarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *