Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Dewasa ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Tak cukup hanya menimbang dari segi pendidikan saja, softkill serta attitude yang baik juga menjadi sebuah pertimbangan bagi perusahaan ketika merekrut karyawan. Ketatnya persaingan dalam dunia kerja membuat banyak sarjana-sarjana yang menganggur. Tentu hal itu bukanlah suatu hal yang baik. Apalagi untuk dapat meningkatkan perekonomian Indonesia, dibutuhkan kaum generasi muda yang cerdas untuk membantu meningkatkan ekonomi Indonesia. Salah satu indikator suatu bangsa dikatakan ekonominya maju adalah dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakatnya. Lalu bagaimana jika banyak sarjana yang menganggur dikarenakan kalah dalam persaingan dunia kerja? Bagaimana kelak nasib masa depannya? Apakah dengan demikian kesejahteraannya akan meningkat? Tentu jawabannya adalah tidak.

Oleh karena itu, saat ini banyak sarjana bahkan kalangan muda seperti mahasiswa atau pelajar yang berinisiatif membuka usaha sebagai bekal masa depannya. Bahkan pemerintah pun menghimbau kepada kaum muda untuk membuka sebuah usaha agar tidak selalu bergantung untuk dapat bekerja pada perusahaan atau instansi pemerintahan. Pemerintah pun sudah sering kali mengadakan pelatihan kewirausahaan di berbagai daerah untuk kalangan umum baik Ibu rumah tangga maupun generasi muda. Dengan membuka sebuah usaha, selain mendapat keuntungan untuk pribadi juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Tentu akan ada banyak keuntungan dengan membuka suatu usaha. Apakah anda tertarik untuk membuka bisnis dan menjadi seorang Entrepreneur muda?

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses tentu ada banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memulai usaha, antara lain:

ari pinjaman uang tanpa jaminan online

  1. Niat dan Mental

Hal pertama yang perlu anda siapkan ketika ingin memulai sebuah usaha adalah niat dan mental yang kuat. Namun perlu anda ketahui bahwa niat dan mental yang dimaksud di sini bukan niat dan mental yang ala kadarnya melainkan harus kuat. Karena di dalam perjalanan bisnis tentu akan ada banyak cobaan dan tantangan yang harus anda lewati. Apabila anda tidak memiliki mental yang kuat maka hal itu juga berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha anda. Jadi mula-mula yang harus anda siapkan untuk membuka usaha adalah membekali niat dan mental yang kuat.

  1. Tentukan Jenis Usaha

Sebelum memulai usaha tentu anda harus menentukan dahulu jenis usaha apa yang akan anda tekuni. Apakah anda akan menekuni usaha di bidang kuliner, fashion, art, entertaiment dan sebagainya. Namun sebelum menentukan jenis usaha yang akan anda jalankan, akan ada baiknya apabila anda memiliki bakat dalam bidang tersebut. Sebab hal itu memudahkan anda nantinya ketika usaha anda sudah berjalan. Selain itu, hal yang tak kalah penting adalah menganalisa faktor-faktor yang ada di sekitar anda dimana hal itu juga menentukan jenis usaha yang akan anda geluti. Seperti misalnya menganalisa kebutuhan dan selera konsumen, segmentasi pasar, serta analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Thread). Dari fakor-faktor tersebut anda dapat menentukan jenis usaha yang tepat untuk anda jalankan.

  1. Siapkan Modal

Dalam memulai sebuah usaha, modal menjadi kunci penting agar usaha dapat dijalankan. Semua jenis usaha tentu akan membutuhkan modal. Besar kecilnya modal awal akan menentukan besar atau kecilnya pula suatu usaha tersebut. Namun apabila anda sebagai pengusaha pemula maka disarankan untuk memulai usaha dengan skala kecil terlebih dahulu. Dengan demikian maka modal yang akan anda keluarkan juga tidak terlalu besar. Lalu, bagaimana cara mendapatkan modal tersebut? Sebetulnya modal untuk menjalankan bisnis tidak harus berasal dari modal sendiri saja melainkan anda bisa menggunakan modal yang berasal dari hutang. Anda dapat meminjam modal dari Bank atau cari pinjaman uang tanpa jaminan online. Pinjaman uang tanpa jaminan dan syarat merupakan solusi yang tepat jika anda sedang membutuhkan modal dengan cepat. Proses peminjamannya pun cukup mudah. Itulah solusi jika anda akan memulai usaha dengan modal yang berasal dari hutang. Namun selain hutang dan modal sendiri, anda juga dapat menyebarkan saham untuk dijual kepada orang lain. Namun saham biasanya diperjualbelikan apabila suatu perusahaan sudah berjalan. Sehingga untuk usaha yang baru akan dimulai lebih baik menggunakan modal pribadi, hutang, atau kombinasi keduanya.

  1. Berani Mengambil Resiko

Anda tentu sudah pernah mendengar bahwa salah satu sifat dari seorang pengusaha atau entrepreneur adalah berani mengambil resiko. Maka dari itu, untuk memulai usaha yang akan anda jalankan anda harus menyiapkan sikap berani mengambil resiko. Anda tentu tahu bahwa dalam sebuah usaha akan ada banyak tantangan. Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang masing-masing memiliki resiko dan konsekuensinya. Jika anda tidak berani dalam mengambil resiko maka usaha anda tidak akan bisa berkembang. Seperti misalnya anda ingin usaha anda maju dan penjualannya meningkat. Tentu dalam hal ini anda harus mengeluarkan iklan untuk membantu meningkatkan penjualan anda. Iklan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika anda merasa ragu dan tidak berani untuk mengeluarkan modal besar untuk iklan, tentu usaha anda akan terus seperti itu. Semua memang ada resiko. Dan hal tersebut harus disikapi dengan sikap berani dan tidak putus asa dalam menjalankan suatu usaha.

  1. Ilmu yang Matang

Sebuah nasihat klasik bahwa jika anda ingin berhasil melakukan sesuatu maka anda harus memiliki ilmu yang bagus. Hal itu juga sama halnya jika anda ingin berhasil dalam berwirausaha maka anda harus memiliki ilmu tentang berwirausaha. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua ilmu didapatkan dari akademik saja, melainkan juga bisa anda dapatkan dari teman, motivator, atau pengalaman anda sendiri. Dengan demikian ilmu bisa anda dapatkan dimana saja dan kapan saja. Sehingga carilah ilmu tentang berwirausaha sebanyak-banyaknya untuk membekali usaha yang akan anda mulai.

  1. Miliki Sikap Wirausaha

Anda tidak akan berhasil menjalankan suatu usaha apabila anda tidak memiliki sikap wirausaha yang sejati. Lalu apa saja sikap yang harus dimiliki seorang wirausaha? Beberapa poin sudah dijelaskan yaitu niat dan mental yang kuat serta berani mengambil resiko. Dan sikap yang lain adalah tidak mudah putus asa, selalu berinovasi, kreatif, tegas dalam mengambil keputusan, dan semangat yang tinggi. Sikap tersebut harus anda miliki mulai dari sekarang agar anda sudah siap untuk memulai usaha. Pelajari lebih dalam lagi tentang bagaimana sikap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses.

Itulah beberapa poin-poin yang harus anda siapkan sebelum menjalankan usaha anda. Cermati serta terapkanlah terlebih dahulu poin poin di atas agar ketika usaha anda sudah berjalan maka akan menjadi lebih mudah dalam menyikapi hal-hal di kemudian hari yang akan anda hadapi. Semoga informasi yang sudah disampaikan di atas dapat menjadi ilmu dan bermanfaat untuk anda yang akan mulai merintis usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *