Mengupas Fungsi Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah tropis. Bentuknya mirip daun berdaging dan mempunyai segudang manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Lidah buaya ini umumnya dimanfaatkan sebagai kosmetik hingga obat. Meski ukurannya kecil, namun fungsi lidah buaya untuk kesehatan sangatlah banyak.

Dari segi sejarah, lidah buaya ini dulunya berasal dari Afrika dan Timur Tengah. Akan tetapi karena sifat lidah buaya ini mudah tumbuh dimana saja, alhasil saat ini lidah buaya dapat dengan mudah didapatkan dimanapun. Sudah ribuan orang yang membuktikan khasiat lidah buaya untuk kesehatan maupun lainnya.

Fungsi Lidah Buaya

Perlu diketahui bahwa lidah buaya ini memiliki kandungan senyawa biologis seperti polymannans, mannansns asetat, lektin hingga antrakuinon. Bahkan lidah buaya juga memiliki kurang lebih 75 jenis zat yang kaya manfaat hingga 200 senyawa lainnya yang mendukung kemampuan lidah buaya ini untuk dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam pengobatan herbal.

Sederet fungsi lidah buaya untuk kesehatan

  1. Lidah buaya yang diolah untuk dijadikan jus bisa membantu mengatasi racun-racun dalam tubuh. Selain itu, lidah buaya juga memiliki berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh sehingga kita bisa lebih rileks menjalani hari.
  1. Lidah buaya mampu menjadi alternatif untuk mengatasi masalah gigi dan mulut.
  1. Lidah buaya bisa diandalkan untuk mengatasi refluks asam dan esofagus yang sering ditemukan dalam kasus iritasi usus, panas perut hingga tukak lambung.
  1. Untuk wanita, lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai penghilang jerawat, detoksifikasi kulit, pelembab kulit, meminimalisir peradangan, menghilangkan bekas luka hingga mempertahankan keremajaan kulit.
  1. Lidah buaya memiliki aloe lateks yang bisa dijadikan obat pencahar karena mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B.
  1. Mengkonsumsi setengah sendok jus lidah buaya secara rutin dalam rentang waktu 14 minggu dapat membantu menurunkan kadar gula darah hingga 45 persen.
  1. Lidah buaya bisa menjadi alternatif untuk P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) karena kandungannya ampuh untuk mengatasi luka kecil seperti tersengat serangga.
  1. Jus lidah buaya dapat dijadikan treatment untuk menurunkan berat badan. Hal ini akan membantu kita mengurasi resiko obesitas.

Demikianlah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Selain 8 poin di atas, sebenarnya masih banyak sekali fungsi lidah buaya untuk kesehatan lainnya.

Dikarenakan manfaatnya yang banyak inilah tidak ada salahnya jika kita mulai menanam tanaman sejuta umat ini. Cara menanam dan merawatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Dengan menanam lidah buaya, kita dapat memetik manfaatnya kapanpun ketika membutuhkannya. Jika bahan alami sudah cukup untuk mengatasi permasalahan kesehatan kita, maka ini jauh lebih baik dibandingkan harus menggantungkan pada obat-obatan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *