Optimalkan Kinerja Otak Anak Dengan Nutrisi Penting Ini

Menyaksikan anak tumbuh dan berkembang dengan sehat serta ceria merupakan kebahagiaan terbesar bagi orang tua. Lebih dari itu anak adalah anugerah dari Tuhan dan sudah seharusnya dijaga, dilindungi dan dirawat dengan baik.

Bentuk perlindungan ini bukan hanya dinilai dari besarnya tempat tinggal maupun mahalnya pakaian. Melainkan dari segi makanan yang diberikan pada anak. Anda harus memastikan bahwa setiap makanan yang diberikan mengandung banyak nutrisi dan berperan dalam mengasah otak anak.

Apa saja makanan bernutrisi yang baik untuk kesehatan otak si kecil? Berikut uraiannya.

Mengasah OTAK

Ikan Laut

Ikan merupakan salah satu bahan lauk yang memiliki kandungan lemak esensial dan baik untuk kesehatan otak. Karena asam lemak esensial ini tidak diproduksi oleh tubuh, maka penting bagi Anda untuk memberikannya pada si kecil. Lemak omega-3 dan omega-6 sangat diperlukan oleh otak.

Tentu Anda sudah sering mendengar tentang istilah DHA atau AA. Nah, DHA ini adalah asam dokoheksanoat dan terbentuk dari lemak omega-3. Sementara itu, lemak omega-6 ini nantinya akan berubah menjadi asam arakidonat atau AA.

Asam lemak omega-3 ini bisa didapatkan dari berbagai jenis ikan, misalnya: ikan tuna, ikan salmon, ikan hering, makerel hingga sarden.

Telur

Telur adalah makanan yang akan protein dan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks ini meliputi; vitamin B6, B12, dan asam folat. Protein sangat baik untuk zat pembangun dan pembentukan neurotransmiter.

Biji-Bijian

Jika otak kekurangan asam lemak akan menganggau kinerja otak dan menimbulkan penyakit. Untuk itu jangan lupa memberikan biji-bijian pada si kecil. Asam lemak menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam mengoptimalkan kinerja otak anak.

Asam lemak omega-6 ini juga baik karena membantu pelepasan neurotransmiter. Biji-bijian yang dapat dijadikan pilihan antara lain: biji bunga matahari, biji kenari dan biji wijen.

Gandum

Gandum dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Otak memerlukan energi yang berasal dari glukosa dalam karbohidrat untuk memaksimalkan kinerjanya. Otak dapat berfungsi dan berkonsentrasi dengan baik apabila energi yang ada cukup.

Lalu indeks glikemik rendah dari gandum inilah yang akan membantu tubuh melepas glukosa ke dalam darah secara lambat. Ketika kadar glukosa dalam darah senantiasa stabil, tubuh secara otomatis akan menyediakan energi yang berasal dari glukosa untuk otak.

Demikianlah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kesehatan otak si kecil. Meski begitu orang dewasa pun juga membutuhkannya, hanya saja dengan porsi yang berbeda. Agar daya tumbuh kembang anak semakin maksimal, tetap upayakan untuk memberikan rangsangan yang sesuai dengan usia si kecil dan pastinya berikan mainan-mainan edukasi yang dapat mengasah otak anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *