Trik Anti Gagal Saat Eksekusi Resep Mudah Kue Sederhana Tanpa Oven

Kue kering menjadi salah satu jenis kue yang banyak dijadikan sebagai hidangan pelengkap saat momen minum teh bersama. Meski begitu, ada kue kukus yang juga tidak kalah populer dengan kue kering ini. Semua kembali pada selera masing-masing. Kedua jenis kue ini sama-sama memiliki rasa yang lezat dan membuat ketagihan. Namun resep mudah kue sederhana tanpa oven biasanya cenderung dipilih karena lebih praktis.

Resep Mudah Kue Sederhana Tanpa Oven

Anda bebas apakah akan membuat kue dengan oven atau memilih untuk mengukusnya. Hanya saja jika kali ini Anda belum mempunyai oven sepertinya mau tidak mau harus membuat kue dengan mengukusnya. Nah agar eksekusi resep mudah kue sederhana tanpa oven Anda berhasil, alangkah baiknya menerapkan trik berikut ini.

  • Pilih pewarna makanan yang teksturnya kental. Jangan guanakn pewarna yang memiliki banyak kandungan air agar kue tidak bantet.
  • Jangan lupa mengolesi bagian dasar loyang dengan memanfaatkan mentega putih. Selanjutnya lapisi dengan kertas roti. Lalu untuk bagian atas kertas roti bisa diolesi mentega putih lagi sehingga ketika kue sudah matang bisa diangkat dengan mudah. Tidak perlu mengolesi bagian loyang secara menyeluruh, termasuk bagian pinggir. Jika pinggiran loyang diolesi mentega, ini bisa membuat kue menjadi mengkerut dan tidak matang sempurna.
  • Usahakan untuk meratakan adonan secara merata saat adonan dituangkan ke dalam loyang atau cetakan kue. Apabila menghendaki menambah lapisan cream pada kue, Anda bisa menunggu lapisan kue yang pertama sedikit matang dan membiarkannya dingin. Setelah itu Anda baru bisa memoles lapisan. Dengan begitu cream pelapis tidak akan meleleh.
  • Anda disarankan untuk melapisi tutup panci atau pengukus dengan serbet atau kain. Ini dimaksudkan agar air kukusan yang tidak jatuh pada kue yang tengah dikukus. Kue yang terkena air kukusan ini biasanya akan menjadi bantet, untuk itu pastikan Anda tidak lupa untuk melapisinya dengan kain atau serbet.
  • Pastikan memilih cake emulsifier yang recommended supaya telur dan tepung bisa tetap stabil.
  • Selektif memilih telur yang dijadikan bahan adonan. Telur yang bisa digunakan adalah telur yang berbentuk bulat (bukan lonjong). Telur yang bulat biasanya memiliki kuning telur yang besar. Apabila kali ini Anda membuat kue bolu gulung, tambahkan susu kental manis supaya cake lebih mudah digulung.

Itulah beberapa trik yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin mengeksekusi resep mudah kue sederhana tanpa oven. Cukup mudah untuk dipraktekkan, lebih dari itu Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih guna membeli oven. Oleh karena itu tidak perlu bingung lagi jika belum memiliki oven, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat kue kukus. Rasanya pun tak kalah lezat.

Selamat mencoba ya Bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *