Tips Memilih Hewan untuk Qurban Hari Raya Idul Adha

Idul Adha menjadi hari yang dinanti – nanti umat Islam. Hari raya Idul Adha atau yang sering dikenal dengan hari raya Qurban ini dilakukan sebagai bentuk keteladanan kita terhadap Nabi Ibrahim yang ketika itu akan menyembelih putra kandungnya sendiri, Ismail. Beranjak dari sejarah qurban, untuk pemilihan hewan qurban pun tidak boleh dilakukan secara asal – asalan. Ada syarat dan ketentuan syar’i yang harus diperhatikan. Dengan begitu kita akan bisa mengambil pelajaran dari hikmah qurban.

Hewan yang disembelih saat hari raya Idul Adha adalah hewan ternak, seperti kambing, unta, domba, kerbau dan sapi. Namun tidak semua hewan tersebut bisa jadikan hewan qurban. Sebab hewan qurban harus memenuhi syarat yang disyari’atkan. Berikut adalah tips memilih hewan qurban sesuai syarat yang disyari’atkan.

ACT Hikmah Kurban

Umur

Hewan bisa dijadikan qurban ketika telah memenuhi syarat umur. Ketentuan umur ini pun berbeda – beda, berdasarkan jenis hewan ternak itu sendiri. Misalnya, untuk domba atau kambing haruslah berumur satu tahun, kerbau atau sapi berumur dua tahun, sedangkan untuk unta berumur lima tahun.

Pergantian gigi seri

Selain umur, syarat yang harus dipenuhi adalah ketika hewan qurban sudah mengalami pergantian gigi seri bawah dan depan. Untuk karakteristik gigi susu runcing dan kecil. Lalu untuk gigi tetapnya besar dan rata. Buka mulut hewan tersebut untuk memastikan apakah giginya sudah mengalami pergantian.

Pastikan hewan dalam kondisi sehat

Hindari memilih hewan yang sedang menunjukkan tanda atau gejala sakit. Seperti kudis, mata cekung, tidak nafsu makan, dan lainnya. Mengingat daging hewan qurban ini nantinya akan dikonsumsi, maka pastikan hewan yang akan dibeli dalam kondisi sehat.

Hewan yang sehat ditandai dengan cuping hidung yang basah (tapi bukan karena flu), detak jantung dan napas stabil, bulu mengkilap dan bersih, matanya tidak belekan dan yang paling penting adalah nafsu makannya normal.

Selain itu, Hewan ternak yang sehat bisa dilihat dari tingkah lakunya. Hewan yang sehat akan lebih gesit, lincah dan tidak loyo. Hindari memilih hewan yang tidak bersemangat, atau sering terlihat loyo dan lesu.

Sempurna fisiknya

Hewan qurban yang layak disembelih untuk qurban adalah hewan ternak yang sempurna fisiknya. Tidak cacat, tidak kurus, tidak buta dan anggota tubuh lengkap. Kita harus memberikan yang terbaik, termasuk dalam berqurban dengan hewan yang terbaik. Yakinlah, akan banyak hikmah qurban yang bisa kita panen setelahnya.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa diterapkan saat memilih dan ingin membeli hewan qurban. Pemilihan hewan qurban harus dilakukan secara cermat dan tepat. Belilah hewan qurban jauh sebelum hari penyembelihan. Ini memudahkan kita untuk mendapatkan kualitas hewan qurban yang baik. Jangan sampai niat untuk berqurban hangus karena ketidaktahuan kita akan syarat dan ketentuan hewan untuk qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *