Trik Laptop Biasa Maksimal Digunakan Bermain Game

Halo Sobat Cacamedia.com gamer mania…!!!

Bagi kamu yang hobi bermain game, baik online maupun offline, pasti rasanya ada yang kurang jika sehari saja tidak main game. Untunglah sekarang sudah banyak media yang menawarkan berbagai jenis permainan, kamu bisa memilih memainkannya lewat PC, smartphone ataupun laptop.

Untuk media laptop, terkadang tidak semua tipe mendukung untuk bisa dipakai bermain game berat, apalagi jenis game terbaru 3D yang memiliki banyak muatan file. Nah, yang sering jadi masalah ketika kamu hendak memainkan satu jenis game tetapi ternyata laptop yang kamu miliki tidak cocok untuk game tersebut. Duh pasti menyebalkan sekali! Eits…jangan keburu ngambek, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat laptop standar bisa digunakan untuk bermain game. Mau mencoba? Yuk simak ulasannya!

Gunakan Cooling Pad

Masalah yang sering dikeluhkan pada laptop adalah keadaan laptop yang cepat panas apalagi saat berain game. Efek panas pada laptop bisa terjadi karena beberapa sebab seperti terlalu lama membuka program berat, tidak menggunakan kipas laptop atau alas laptop yang tidak sesuai seperti bantal atau kasur. Untuk meredam masalah panas yang terlalu berlebih, gunakan cooling pad atau kipas laptop yang baik. Ini akan sangat membantu untuk menjaga kinerja laptop terutama saat kamu bermain game.

Gunakan Tune Up

Asus Rog GL553VD

Berbeda halnya dengan laptop gaming seperti  Asus Rog GL553VD , jenis laptop standar terkadang lebih sering digunakan untuk mengolah berbagai macam dokumen sehingga banyak file yang tersimpan, sebagian file mungkin  sudah menjadi file sampah. Untuk membersihkan file yang tidak diperlukan lagi bisa menggunakan Tune Up. Hal ini memang terkesan sepele, namun efektif untuk menjaga laptop dari kepenuhan ruang pada harddisk.

Maksimalkan VGA

Pada laptop khusus game sekelas Asus Rog GL553VD atau tipe laptop gaming lainnya, sebagian besar sudah dilengkapi dengan kartu grafis yang mumpuni guna menunjang tampilan gambar yang memuaskan. Tapi bagaimana dengan laptop biasa yang masih memakai Intel HD? Sudah pasti akan terasa berat kinerjanya ketika dipaksa untuk memainkan game berat. Namun ada cara yang patut dicoba untuk memaksimalkan kinerja VGA, yaitu:

  • Klik kanan pilih graphics properties, pilih basic mode lalu OK
  • Klik power, pilih maximum performance
  • Klik Aplly, lalu OK

Cara ini memang belum tentu bisa berhasil pada semua laptop, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Gunakan Game Booster

Untuk cara yang terakhir perlu menggunakan aplikasi pendukung yaitu Game Booster. Cara kerjanya hampir sama dengan Tune Up, namun Game Booster memilih aplikasi mana yang tidak terpakai. Untuk mengamankan laptop dari kepenuhan memori akibat aplikasi sampah, penggunaan Game Booster dirasa perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *